Free MusicNotes Cursors at www.totallyfreecursors.com
WELCOME TO MY BLOG

Senin, 13 Juni 2016

SENYAWA BARU YANG BERGUNA BAGI KEHIDUPAN



MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR


SENYAWA BARU YANG BERGUNA 
BAGI KEHIDUPAN
Disusun oleh :
Nama :  Tirsa Irene Debora Jonatan
NPM : 16515906
Kelas : 1PA09
Fakultas : Psikologi

UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
T.A. 2015 / 2016

Ada penemuan sebuah senyawa antibiotik baru yang tidak biasa oleh para ahli sains AS karena diambil dari sebuah mikroorganisme laut di endapan pesisir laut California. Penemuan antibiotic asli sangat jarang ditemukan dan para ahli mengatakan resistensi terhadap obat-obatan tersebut merupakan ancaman kesehatan manusia. Para ahli sains AS mengatakan senyawa baru tersebut dinamakan anthracimycin. Senyawa ini tampaknya dapat efektif membunuh bakteri MRSA dan anthrax.


MRSA (Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus) adalah salah satu bakteri yang ditemukan pada kulit dan hidung yang kebal terhadap antibiotik. Jumlah kematian akibat infeksi bakteri MRSA lebih banyak dibandingkan angka kematian akibat AIDS. Bakteri MRSA biasanya menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. MRSA sama seperti bakteri Staphylococcus lainnya, yang terlihat seperti infeksi kulit, jerawat, ruam, bisul, abses, atau gigitan laba-laba. Infeksi ini biasanya menyakitkan, merah, bernanah dan bengkak. Bakteri ini dapat menembus ke dalam tubuh sehingga berpotensi menyebabkan infeksi pada tulang, sendi, luka bedah, aliran darah, jantung dan paru-paru yang dapat mengancam jiwa.

 
Anthrax adalah penyakit menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan oleh bakteri Bacillus Antrhacis dalam bentuknya yang paling ganas.  Antraks bermakna “batubara” dalam bahasa Yunani, dan istilah ini digunakan karena kulit para korban akan berubah hitam. Antraks paling sering menyerang herbivora-herbivora liar dan yang telah dijinakkan. Penyakit ini bersifat zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia, namun tidak dapat ditularkan antara sesama manusia. Beberapa gejala-gejala antraks tipe pencernaan adalah mual, pusing, muntah, tidak nafsu makan, suhu badan meningkat, muntah berwarna coklat atau hitam, buang air besar berwarna hitam, sakit perut yang sangat hebat (melilit). Sedangkan, gejala antraks tipe kulit ialah bisul merah kecil yang nyeri. Antraks terjadi setelah mengomsumsi daging yang terkena antraks. Daging yang terkena antraks mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: berwarna hitam, berlendir, dan berbau.
Rincian mengenai temuan antibiotik tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Angewandte Chemie, Jerman.Struktur kimia yang unik dari senyawa tersebut dapat menjadi golongan obat antibiotik yang baru. Struktur dari anthracimycin, seperti dijelaskan oleh Kyoung Hwa Jang dan karyawan dari Scripps dalam tulisan mereka, tak sama dengan antibiotik alami yang ada sebelumnya.
Uji terhadap senyawa antibiotik telah menunjukkan efektivitasnya dalam menyerang anthrax. Dan juga menunjukkan aktivitas yang signifikan dalam melawan Staphylococcusaureus, MRSA .Penemuan ini menunjukkan potensi sumber material dan senyawa baru ditawarkan oleh lautan, sangat banyak.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Antraks
http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2013/08/130801_antibiotik.shtml
http://www.chp.gov.hk/en/wapdf/35884/2.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar